ORARI Lokal Depok bersama Pramuka dalam JOTA-JOTI 2019

Jamboree-On-The-Air (JOTA) dan Jamboree-On-The-Internet (JOTI) adalah kegiatan yang memberikan kesempatan bagi Pramuka di seluruh dunia untuk berkumpul walaupun berada di lokasi geografis yang berbeda-beda. JOTA-JOTI adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada minggu ketiga setiap bulan Oktober, dimulai dari hari Jumat pukul 15:00WIB sampai hari Minggu pukul 15:00WIB (48 jam). Untuk kegiatan JOTA, peserta menggunakan Radio Amatir dan untuk kegiatan JOTI mereka dapat menggunakan Internet. Dengan dipandu anggota ORARI Lokal Depok, turut serta dalam kegiatan yang dilaksankan pada tanggal 18-20 Oktober 2019. Kegiatan tahunan ini diikuti oleh sejumlah pramuka penggalang dan penegak se-kota Depok. Dengan memanfaatkan komunikasi Radio Anggota Pramuka Depok yang di pandu oleh anggota ORARI Lokal Depok melakukan komunikasi langsung dengan lawan bicara nya dari berbagai daerah di seluruh Indonesia maupun dari Luar negeri dengan menggunakan Callsign YH1AJY. Mereka dapat melakukan komunikasi melalui Radio pada band HF (40m dan 20m) , juga pada band VHF (2m)

Callsign Kwarcab Kota Depok YH1AJY

Pada frekuensi HF bekerja pada 40mband dengan menggunakan mode Phone, Pramuka Depok berlatih untuk berbicara pada komunikasi Radio yang sebelumnya sudah di berikan pembelaan Pra JOTA satu minggu sebelum pelaksanaan JOT, sehingga saat memegang Mikropon dan berbicara di Radio mereka sudah sedikit memahami cara berkomunikasi yang baik dan benar.

Pada frekuensi 14MHz atau 20mband , Pramuka Depok di kenalkan Komunikasi Radio dengan menggunakan mode Digital FT-8. Mereka tampak sangat antusias sekali dalam mengoperasikan komputer untuk Komunikasi Digital.

Sebelum JOTA/JOTI dimulai dilakukan apel bersama dan pengarahan dari pembina ORARI Depok
Adek Pramuka sudah memberanikan diri ber QSO dengan stasiun JOTA lain nya diseluruh Indonesia

OM Zul-YC1DXP sedang membimbing adek pramuka menerima data SSTV

Dalam kegiatan ini diperkenalkan juga alat komunkasi via satelit atau Satelit Lapan A2- ORARI. Sementara dengan menggunakan antenna Moxon-Yagi yang bisa bekerja di dua band (2m dan 70cm) . Beberapa anggota dari ORARI Lokal Depok menjelaskan bagaimana antenna dan Radio ini beroperasi, sehingga kita dapat berkomunikasi via Satelit

Kebetulan di Indonesia ini kita mempunyai satelit Lapan Orari yang diantaranya memang membawa perangkat radio amatir. Dalam rangka kegiatan Jota 2019, alat ini memancarkan sinyal yang mampu mengirimkan gambar ke seluruh Indonesia, melalui mode Digital SSTV.

Satelit lapan ini merupakan satelit eksperimen, membawa empat misi diantaranya yang pertama untuk pemetaan yang kedua membawa kamera beresolusi tinggi untuk membuat foto satelit, ketiga menentukan posisi kapal kapal, dan keempat konten radio amatir,

OM Bagus-YD1DDK dengan Automatic Tracking Satellite System buatan nya

Pada gambar disamping OM Bagus-YD1DDK mendemonstrasi kan Antenna dan alat buatan nya yaitu ; Automatic-Tracking Satellite , bila alat ini diaktifkan maka antena akan pointing otomatis mengarah pada posisi satelit yang sedang melintas dan akan bergerak secara otomatis mengikuti pergerakan satelit dari arah Barat ke arah Timur sehinga selalu mendapatkan sinyal yang maksimal karena posisi antena benar-benar tegak lurus atau Line Of Sight dengan Satelit. Cara kerja nya bisa di lihat pada video ini (https://www.facebook.com/achmad.soetijono/videos/2696374957092312/?t=38)