Anggota ORARI Lokal Depok partisipasi dalam PadangDX Contest 2019

Minggu ketiga di bulan Desember 2019 tepatnya pada tanggal 21 Desember 2019 pukul 12:00UTC. Beberapa anggota ORARI Lokal Depok mengikuti agenda Kontes tahunan. Berawal dari kontes sebelum nya yaitu Lawangsewu Sprint Contest beberapa anggota ingin mengikuti nya lagi. PadangDX Contest (https://padangdxc.com/) adalah satu kegiatan ORARI lokal Padang yang dilaksanakan pada setiap akhir tahun. PadangDX Contest mengajak amatir radio Indonesia untuk dapat menghubungi atau dengan stasiun amatir radio dari seluruh Nusantara dan luar negeri (DX). Sesuai dengan tagline kontes ini yaitu :”Indonesia to the World”

Persiapan di mulai pada sore hari kami menyiapkan perangkat Radio, Power Supply, Grounding dan peralatan pendukung lain nya. Kebetulan di  Café ARA (QTH OM Excel-YG1HXL) sudah terpasang semua.

Kegiatan ini dimentori oleh OM Achmad-YC1CDV dan OM Wahyu-YC1CWK tentunya untuk memotivasi teman-teman anggota amatir radio lokal Depok, agar anggota ORARI Lokal Depok lebih meningkatkan kelancaran dan kepiawaian dalam berkomunikasi. Terutama saat menerima stasiun DX yang kadang diterima sangat sulit karena faktor propagasi dan noise yang cukup sulit untuk di terima. Sehingga dibutuhkan kejelian dalam mendengarkan dan mencatat callsign stasiun yang diterima sangat lemah.

OM Baim-YC1CDV sedang mentoring kontestan OM Agus-YD1LHX

Anggota yang berpartisipasi masih sama seperti kontes sebelumnya yaitu OM Excel-YG1HXL , OM Guntur-YD1JVE, OM Agus-YD1LHX dan OM Brima-YD1JRI. Karena ini adalah kontes yang kedua sehingga ketiga kontestan ini lebih piawai dalam handling dan menerima stasiun lawan. Ketiga nya sangat antusias terlebih saat mendapatkan stasiun dari Luar Negri (DX).

Pada kegiatan kontes saat ini selain mengikuti contest mereka juga belajar untuk mementori sesama anggota lain nya (Train-the-Trainer), harapan nya adalah agar ORARI Lokal Depok mempunyai team kontes yang mumpuni, kompak, semangat dan hepi bersama…..

OM Excel-YG1HXL sedang mentoring OM Agus-YD1LHX
OM Guntur-YD1JVE mentoring OM AGus-YD1LHX
OM Excel-YG1HXL mentoring OM Brima-YD1JRI

Sebagai seorang Contester / DXer tentunya harus mempersiapkan segala sesuatunya, baik itu perangkat radio kumunikasi maupun kondisi fisik. Mengapa ?, untuk mendapatkan hasil yang maksimal kedua hal tersebut harus diperhatikan. Satu hal kadang kala membuat kita gemas, ketika kondisi alam tiba tiba mengalami perubahan (propagasi), sehingga sulit untuk dapat berhubungan dengan stasiun lain.

Selesai mengikuti Contest harus mengirimkan via online bukti fisik hasil komunikasi / log, paling lambat satu minggu setelah kegiatan berakhir. Jika ada amatir radio yang tidak mengirimkan log,  dapat dipastikan akan mengurangi nilai / point komunikasi amatir radio yang lain dan tentunya tidak akan mendapatkan Sertifikat, sertifikat ini dibutuhkan oleh para amatir radio, disamping ada “Plakat” untuk para juara.

Semangat untuk belajar dan maju bersama (Ki-ka: YC1CWK, YD1JVE, YC1CDV, YG1HXL dan YD1LHX)

Semalam ternyata cukup mampu menembus beberapa negara antara lain : yaitu dari Malaysia, Jerman dan Afrika Selatan. Walaupun belum bisa menggerakan jarum indikator pada radio alias nyender ke kiri, tapi suara sudah cukup jelas. Antena yang kami gunakan adalah Dipole Wire setengah lambda dengan ketinggian 10m (asl), Radio yang kami gunakan adalah Yaesu FT-2000 dan deskmic Homebrew. kesulitan yang kami hadapi adalah ada beberapa spot lokasi yang kami terima sangat lemah. Tapi inilah merupakan tantangan bagi kami bahwa dengan antena yang ada kami bisa memaksimalkan nya.

Wire Dipole ketinggian 10m dari permukaan tanah
Radio Yaesu FT-2000 dan Deskmic Homebrew

Partisipasi anggota ORARI Lokal Depok  dalam mengikuti PadangDX Contest 2019 sangat berkesan dan menyenangkan walaupun hanya sedikit (100 ) stasiun radio amatir yang dapat dihubungi. Dari kegiatan ini kami merasakan semangat kebersamaan dan saling support antar anggota.

Untuk mengawali tidak harus menjadi juara akan tetapi setidaknya bisa ikut serta meramaikan kegiatan ORARI.

Bravo ORARI Lokal Depok…73!