Kegiatan Respon Gempa Sulawesi Barat (Majene)

7 hari YD1DZG Anggota ORARI LOKAL DEPOK [ Core ORLOK Depok ] di Kab Majene SULBAR

Dalam merespon musibah gempa Sulawesi Barat (Majene), kami sebagai salah satu anggota Orari Lokal Depok yang juga tergabung dalam misi kemanusiaan dalam Tim Medis bersama BSMI, menuju lokasi dengan membawa perangkat radio sebagai dukungan komunikasi. Sebagai kelengkapan yang kami bawa, diantaranya : Antena Flowerpot 2M band, Antena Telex, Rig, Power suply, dan 1 set coaxcial. Kami di bantu oleh rekan satu tim dari RS Lapangan BSMI saudara M Nazir Hasan dalam pelaksanaan dilapangan dengan memasang antena diatas bukit dan mengikatnya di atas pohon tertinggi agar memudahkan komunikasi tersambung dengan Repeater Orari Lokal Majene dan juga frekuensi komunitas, serta memaksimalkan jarak pacaran HT point to point di wilayah tempat posko berada dimana lokasi wilayahnya berada di perbukitan tepi pantai Wilayah Kec. Malunda, Sebrang SMK Kota Tinggi Kab. Majene.

Pada saat akan di install perangkat yang kami bawa mengalami gangguan dimana Power Supply sebagai tenaga utama dari Rig mengalami korsleting sehingga tidak berfungsi. Setelah kami berkoordinasi dengan rekan di pos pantau Orari yang berada di markas Kodim Malunda, namun ternyata pada hari itu keadaadn di pos sedang kosong, sehingga kami kemudian meneruskan perjalanan menuju Kota Majene yang memakan waktu kurang lebih 3 jam untuk berkoordinasi dengan pengurus Orari Lokal Majene sekaligus bersilaturahim terkait bantuan untuk dukungan pinjaman power suply untuk membantu pos dukom di malunda agar bisa beroperasi.

Setiba di Kota Majene, kami singgah di Sekretariat Lokal Majene, dimana disana disambut langsung oleh Wakil Ketua Orlok Kota Majene YF8BOB A. Mansyur yang biasa dipanggil OM Bob, ada OM Junaid YG8EFX, OM Prabu yang pada saat itu sedang bertugas sebagai operator, juga rekan rekan lainnya yang sedang berada pada sekretariat. Setelah berkoordinasi, sharing dan berdiskusi terkait dengan respon gempa sulbar dan lain sebagai, kami kembali ke Malunda dengan membawa perangkat power suply yang dipinjamkan dari Pengurus Lokal Majene.

Setiba di Pos Malunda, kembali mengoperasikan perangkat komunikasi dengan dukungan power suply yang telah kembali berfungsi. Alhamdulillah, dengan penuh perjuangan akhirnya kami bisa kembali terhubung dengan Repeater Lokal Majrne dan melakukan kontak serta memberikan informasi, salah satunya dengan operator Ahmad Fauzy YG8AGX yang pada saat sedang standby pada frekwensi 2 M di 144.420. Setelah itu, aktifitas dukungan komunikasi mulai dipergunakan sebagai Relay antar HT untuk memudahkan informasi antara antara Pos Dinkes, dan Kodim serta BNPB yang berjarak kurang lebih 1,5 km yang terhalang bukit terhadap posko medis dan sekitarnya yang berada di atas bukit depan SMK Kota Tinggi. Serta juga memudahkan interaksi komunikasi antar relawan yang menggunakan point to point dengan jarak yang cukup jauh.
Sejak berita ini dintulis fungsi dan aktifitas dukungan komunikasi masih tetap berjalan, terima kasih Orari.

Agus Setiawan – YD1DZG
Orari Lokal Depok